Health Akbar Post
Kesehatan/Asma adalah penyakit obstruktif di tandai dengan peningkatan reaktifitas trachea dan bronchus terhadap rangsangan, dimana terjadi penyempitan saluran napas karena kombinasi gronkaspone, pembengkakan mukosa dan peningkatan sekresi yang manifestasikan oleh prokximal batuk dan dipnea.

Asma yang timbul karena reaksi hipersensitivitas yang disebabkan oleh adanya IgE yang bereaksi terhadap antigen yang terdapat di udara (antigen – inhalasi ), seperti debu rumah, serbuk – serbuk dan bulu binatang.

Pada stadium permulaan serangan terlihat mukosa pucat, terdapat edema dan sekresi bertambah. Lumen bronkus menyempit akibat spasme. Terlihat kongesti pembuluh darah, infiltrasi sel eosinofil dalam secret didlam lumen saluran napas. Jika serangan sering terjadi dan lama atau menahun akan terlihat deskuamasi (mengelupas) epitel, penebalan membran hialin bosal, hyperplasia serat elastin, juga hyperplasia dan hipertrofi otot bronkus. Pada serangan yang berat atau pada asma yang menahun terdapat penyumbatan bronkus oleh mucus yang kental.

Pada asma yang timbul akibat reaksi imunologik, reaksi antigen – antibody menyebabkan lepasnya mediator kimia yang dapat menimbulkan kelainan patologi tadi.

Download Asuhan Keperawatan Asma

ASKEP 1Download
ASKEP 2Download
ASKEP 3Download
ASKEP 4Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.