Health Akbar Post
Kesehatan/Angina pektoris adalah nyeri jantung yang timbul bilamana beban terhadap jantung menjadi terlalu besar dibandingkan dengan aliran darah koroner. Angina pektoris pada kebanyakan orang yang mengalami konstriksi progresif arteri koronarianya. Nyeri jantung yang disebut angina pektoris, mulai timbul bilamana beban terhadab jantung menjadi terlalu besar dibandingkan dengan aliran darah koroner.

Nyeri ini biasanya dirasakan dibawah bagian atas sternum dan sering juga dipindahkan kepermukaan tubuh paling sering ke lengan kiri dan bahu kiri tetapi juga sering ke leher dan bahkan kewajah atau kelengan dan bahu sisi berlawanan. Alasan untuk distribusi nyeri ini adalah bahwa selama kehidupan embrional jantung berasal dari dalam leher ,seperti lengan. Oleh karena itu, kedua struktur ini menerima serabut-serabut saraf nyeri dari segmen mendula spinalis yang sama.

Angina pektoris yaitu nyeri dada yang menyertai iskemia miokardium. Mekanisme pasti bagaimana iskemia dapat menyebabkan nyeri masih belum jelas. Agaknya reseptor saraf nyeri terangsang oleh metabolit yang tertimbun atau disuatu zat kimia antara yang belum diketahui, atau oleh stres mekanik lokal akibat kelainan kontraksi miokardium. Nyeri biasanya digambarkan sebagai suatu tekanan substernal, kadang –kadang menyebar ke sisi medial lengan kiri. Tangan yang menggenggam dan diletekkan diatas sternum melukiskan pola angina klasik.

Iskemia otot jantung akan menyebar nyeri dengan derajat yang bervariasi, mulai dari rasa tekanan dada atas sampai nyeri hebat yang disertai dengan rasa takut atau rasa akan menjelang ajal. Nyeri sangat terasa pada dada di daerah belakang sternum atas atau sternum ketiga (retrosternal).

Meskipun rasa nyeri biasanya terlokalisasi ,namum nyeri tersebut dapat menyebar keleher ,dagu ,bahu dan aspek dalam ekstremitas atas. Pasien biasanya memperlihatkan rasa sesak ,tercekik dengan kualitas yang terus menerus .Rasa lemah atau baal di legan atas, pergelangan tangan dan tangan akan menyertai rasa nyeri.

Download Asuhan Keperawatan Angina Pektoris

ASKEP 1 Download
ASKEP 2 Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.