Health Akbar Post
Kesehatan/Mentimun sudah sangat populer di masyarakat. Selain berkhasiat untuk memutihkan wajah, timun juga bermanfaat untuk menghilangkan kerutan diwajah, mengatasi masalah jerawat dan menghilangkan kantung mata. Tak hanya itu, timun juga dianggap mampu mengecilkan pori-pori wajah, mengencangkan kulit wajah serta menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat.

Besarnya manfaat mentimun untuk wajah ini dapat dibuktikan dari banyaknya produk-produk kecantikan yang menggunakan timun sebagai bahan baku utamanya.

Jika anda ingin menjadikan mentimun sebagai bahan untuk perawatan wajah, maka artikel ini sangat tepat soalnya dalam artikel ini sudah sangat lengkap penjelasan secara rinci tentang manfaat timun untuk wajah dan panduan cara pembuatannya. Namun sebelumnya yuk kita intip dulu kandungan mentimun sehingga bermanfaat dan baik untuk wajah.

Kandungan air pada mentimun yang cukup besar sangat bermanfaat untuk menghidrasi kulit wajah sehingga tetap lembab dan tidak pecah-pecah.

Mentimun mengandung vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan dan bermanfaat untuk mencegah peradangan dan infeksi pada kulit. Ini menunjukkan bahwa mentimun sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan ruam pada kulit wajah.

Kandungan vitamin B1 (Thiamin) pada Timun bermanfaat untuk membantu mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit baru sehingga wajah terlihat lebih muda, kencang dan putih.

Kandungan vitamin C pada mentimun sangat bermanfaat untuk pembentukan kolagen yang berfungsi untuk memperlambat proses penuaan pada kulit dan wajah.

Kandungan vitamin B7 (Biotin) pada mentimun sangat dibutuhkan oleh kulit wajah untuk mencegah terjadinya infeksi yang menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam, jamur dan eksim.

Kandungan potassium pada mentimun bermanfaat untuk mengontrol jumlah produksi minyak diwajah dan melindungi kulit wajah agar tidak kering.


Manfaat mentimun untuk memutihkan Kulit wajah

Dengan pengolahan yang benar, mentimun dapat digunakan sebagai pemutih wajah. Kandungan vitamin B1 (Thiamin), B7 (Biotin) dan vitamin C pada timun sangat berkhasiat untuk memutihkan kulit wajah anda. Untuk memastikan agar vitamin-vitamin tersebut dapat memberi manfaat secara maksimal, maka mengolah timun menjadi masker wajah adalah pilihan terbaik.

Mendapatkan wajah yang putih dan bersih dengan masker mentimun sudah sangat popular dikalangan masyarakat. Selain karena cara pembuatannya yang sangat mudah, cara ini juga dianggap sangat ramah dikantong. Simak panduan cara pembuatan masker mentimun untuk memutihkan wajah berikut ini.

- Ambil dua buah mentimun segar dan cuci hingga bersih.
- Haluskan timun dengan blender dan tempatkan di wadah yang bersih
- Basuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori wajah kemudian lap hingga kering.
- Aplikasikan masker mentimun secara merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit.
- Bersihkan masker mentimun dari wajah dengan air hangat dan lap kering wajah anda.
- Diamkan selama 10 menit, kemudian basuh lagi wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori di wajah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya gunakan masker mentimun 3 kali seminggu setiap malam sebelum tidur.

Selain untuk memutihkan, manfaat mentimun untuk wajah lainnya adalah untuk mengencangkan kulit wajah. Bagi anda yang memiliki masalah dengan kerutan diwajah, getah mentimun dapat anda manfaatkan untuk mengatasinya. Tidak hanya itu, getah mentimun juga sangat berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori diwajah.

Cara pembuatan dan pemakaian

- Bersihkan wajah dengan air bersih dan lap hingga kering.
- Ambil dua buah mentimun segar dan cuci hingga bersih.
- Potong ujung tangkai mentimun yang berwarna gelap hingga mengeluarkan getah dan oleskan secara merata ke wajah.
- Diamkan selama 15 menit.
- Bersihkan wajah kembali dengan air dan lap dengan handuk bersih hingga kering.

Untuk hasil maksimal, sebaiknya lakukan setiap malam.

Manfaat mentimun untuk wajah yang cukup populer dikalangan masyarakat adalah untuk menghilangkan flek hitam diwajah. Flek hitam ini biasanya muncul karena wajah terlalu sering terpapar sinar martahari dan penggunaan kosmetik yang berlebihan. Selain itu, mengkonsumsi obat-obat kimia dalam jangka waktu lama juga dapat menyebabkan munculnya flek hitam di wajah.

Jika anda termasuk salah seorang yang memiliki masalah dengan flek hitam diwajah, Mentimun bisa anda manfaatkan untuk mengatasinya. Ikuti panduan cara pengolahan mentimun untuk mengatasi flek hitam diwajah berikut ini :

Cara pembuatan dan Pemakaian

- Ambil 1 buah mentimun dan cuci hingga bersih
- Iris mentimun setebal 2cm tiap irisannya, kemudian tempatkan di wadah yang bersih.
- Dinginkan irisan mentimun kedalam kulkas selama 10 menit sebelum digunakan.
- Basuh wajah dengan air dan lap hingga kering.
- Oleskan potongan timun secara melingkar pada bagian wajah dengan merata.
- Diamkan wajah selama 10 menit hingga getah timun kering diwajah.
- Bersihakan wajah dengan air dan lap kering.

Untuk hasil maksimal, lakukan setiap malam.

Untuk anda yang memiliki masalah dengan jerawat, mentimun juga sangat berkhasiat untuk membunuh jerawat dan menghilangkan bekas jerawat di wajah. Kandungan zat antioksidan dan vitamin yang kompleks pada timun mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Sejak dulu, manfaat mentimun untuk wajah yang paling banyak digunakan adalah sebagai obat penghilang jerawat dan bekasnya. Selain karena proses pembuatannya yang mudah, biaya yang dikeluarkan juga tergolong sangat murah. Simak cara pengolahan mentimun untuk mengatasi masalah jerawat berikut ini :

Cara pembuatan dan Pemakaian

- Ambil 2 buah mentimun ukuran sedang dan cuci bersih.
- Parut mentimun hingga halus dan tempatkan di wadah yang bersih.
- Tambahkan 10 tetes air perasan jeruk nipis dan aduk hingga rata.
- Basuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori wajah.
- Oleskan masker secara merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit.
- Bersihkan masker dengan menggunakan air hangat dan lap kering wajah dengan handuk bersih.
- Diamkan wajah selama 10 menit kemudian basuh kembali dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit wajah.

Untuk hasil terbaik gunakan masker setiap malam sebelum tidur.

Itulah manfaat mentimun untuk wajah yang dapat anda jadikan referensi. Perlu diingat bahwa hasil yang diperoleh tiap orang mungkin akan berbeda tergantung pada jenis kulit dan intensitas pelaksanaannya. Jika terjadi iritasi pada kulit, segera hentikan pemakaian.

Sumber : Top Metro News

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.