Health Akbar Post
Kesehatan/Sesuai dengan kurikulum program pendidikan Ners 1998 bahwa pendidikan terdiri dari 2 tahap yaitu : tahap program akademik dan tahap program profesi. Praktik Profesi Keperawatan Jiwa merupakan salah satu rangkaian kegiatan pelaksanaan praktik profesi untuk meraih gelar perawat (Ners). Mata ajar ini diberikan pada Program Regular (Program A) dengan beban studi 3 sks dan Program Ekstensi (Program B) dengan beban studi 2 sks. Prasyarat untuk mengambil mata ajar profesi Keperawatan Jiwa adalah Keperawatan Jiwa untuk Program Ekstensi dan Keperawatan Jiwa I dan II untuk Program Reguler.

Fokus mata ajar ini menampilkan tentang pemberian pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dalam pencegahan primer, sekunder, dan tersier terhadap klien dengan masalah bio-psiko-sosial-spiritual dan gangguan kesehatan jiwa termasuk intervensi kritis. Penggunaan diri secara terapeutik dan hubungan terapeutik digunakan sebagai alat dalam penerapan terapi modalitas keperawatan.

Melalui program profesi keperawatan kesehatan jiwa diharapkan peserta didik akan mampu memahami asuhan keperawatan jiwa dan melaksanakan asuhan keperawatan pada klien dengan gangguan jiwa pada anak remaja, usia lanjut dan masyarakat serta mengintegrasikan keperawatan jiwa pada bidang keperawatan lain. Pengalaman belajar meliputi diskusi, pembahasan kasus, pengalaman belajar klinik, dan pengalaman belajar lapangan berupa kunjungan rumah.

Buku panduan Praktik Profesi Keperawatan Jiwa ini terdiri dari beberapa bab. Bab pertama merupakan bab pendahuluan. Bab kedua adalah penjelasan tentang tujuan dan kompetensi. Bab ketiga meliputi penjelasan tentang metode pembelajaran, tata tertib serta tempat dan waktu praktik. Bab keempat berisi keterangan tentang proses pelaksanaan praktik. Selanjutnya Bab kelima berisi informasi tentang evaluasi pembelajaran, dan bab keenam merupakan bab penutup.

Download Buku Panduan Praktik Profesi Keperawatan Jiwa

ASKEP 1 Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.