Health Akbar Post
Kesehatan/Di dalam Rencana Strategic Nasional Making Pregnancy Safer di Indonesia 2001-2010 disebutkan bahwa dalam konteks Rencana Pembangunan Kesehatan Menuju Indonesia Sehat 2010 adalah “ Kehamilan dan Persalinan di Indonesia berlangsung aman, serta bayi yang dilahirkan hidup dan sehat“. Dengan pertimbangan tersebut maka upaya pertolongan persalinan yang sangat pesat perkembangannya dibidang Obstetrics dan Gynecology, salah satunya adalah tindakan bedah Sectio Caesaria.

Sectio Caesaria adalah pembedahan untuk melahirkan janin dengan membuka dinding perut dan dinding uterus , ( Mochtar R, 1998 ). Di era ini cara ini jauh lebih aman dibandingkan dahulu berhubung dengan adanya antibiotic, transfusi darah, tehnik operasi yang lebih sempurna, anestesi yang lebih baik dan perawatan yang kian berkembang. Karena itu ada kecenderungan untuk melakukan Sectio Caesaria tanpa dasar yang cukup kuat.

Dalam hubungan ini perlu diingat bahwa seorang ibu yang telah mengalami pembedahan ini merupakan seorang yang mempunyai parut dalam uterus, dan tiap kehamilan serta persalinan berikut memerlukan pengawasan yang cermat berhubungan dengan bahaya rupture uteri, namun bahaya ini dapat ditekan dengan tehnik bedah yang sempurna dan perawatan yang optimal baik sebelum operasi maupun perawatan setelah operasi.

Perawat sebagai pemberi pelayanan professional keperawatan pada klien dengan post operasi Sectio Caesaria hendaknya memperhatikan respon dan kebutuhan penderita selama perawatan, baik kebutuhan fisiologi maupun psikologis penderita. Ditinjau dari sudut penderita, tidak ada yang lebih penting selain dari perawatan pasca bedah, karena perawatan ini memerlukan perhatian khusus dari seluruh staf keperawatan.

Perawatan pertama yang dilakukan setelah operasi adalah pembalutan luka (Wound dressing ) dengan baik. Sebelum penderita dipindahkan dari kamar operasi hendaklah memperhatikan tanda-tanda vital, tingkat kesadaran penderita/ efek anestesi, jumlah intake out put cairan diukur dan dicatat. Pengukuran dan pencatatan ini diteruskan selama 24 jam pertama post operatif sampai beberapa hari. Disamping itu perlu juga perawatan / perencanaan pulang atau tindak lanjut perawatan setelah penderita pulang hendaknya dibekali dengan informasi yang cukup.

Download Asuhan Keperawatan Sectio Caesaria

ASKEP 1 Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.