Health Akbar Post
Kesehatan/Gangguan psikiatris berat dengan deviasi psikososial atau lingkungan ( Ilmu Kesehatan Anak FKUI, Jakarta ), yang mencetuskan retardasi mental pada anak yang merujuk pada fungsi intelektual umum di bawah rata – rata yang terjadi bersamaan dengan perilaku adaptif dan defisit dan dimanifestasikan selama masa perkembangan yang berlangsung sampai kurang lebih usia 18 tahun

Retardasi mental adalah suatu keadaan dimana seseorang memiliki kemampuan mental yang tidak mencukupi(WHO). Retardasi mental merujuk pada keterbatasan nyata fungsi hidup sehari-hari.

Retardasi mental ini termasuk kelemahan atau ketidakmampuan kognitif yang muncul pada masa kanak-kanak ( sebelum usia 18 tahun ) yang ditandai dengan fungsi kecerdasan di bawah normal ( IQ 70 sampai 75 atau kurang ) dan disertai keterbatasan-keterbatasan lain pada sedikitnya dua area fungsi adaftif : berbicara dan berbahasa , kemampuan/ketrampilan merawat diri, kerumahtanggaan, ketrampilan sosial, penggunaan sarana-sarana komunitas, pengarahan diri , kesehatan dan keamanan , akademik fungsional, bersantai dan bekerja.
Penyebab retardasi mental bisa digolongkan kedalam prenatal, perinatal dan pasca natal. Diagnosis retardasi mental ditetapkan secara dini pada masa kanak-kanak.

Untuk lebih lengkapnya silahkan download disini






Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.