Health Akbar Post
Kesehatan/Perilaku kekerasan atau agresif merupakan suatu bentuk perilaku yang bertujuan untuk melukai seseorang secara fisik maupun psikologis (Berkowitz, 1993 dikutip oleh Achir Yani S. Hamid, 2005), Kekerasan adalah kekuatan fisik yang digunakan untuk menyerang atau merusak orang lain.

Tindakan ini merupakan tindakan yang tidak adil dan sering mengakibatkan cidera fisik (Ann Isaacs, 2005), Perilaku kekerasan adalah suatu keadaan dimana seseorang melakukan suatu tindakan yang dapat membahayakan secara fisik baik pada diri sendiri maupun orang lain (Mary C. Townsend, 1998), Perilaku kekerasan merupakan suatu agresi fisik dari seseorang terhadap lainnya ( Harold I Kaplan dan B. J. Sadock, alih bahasa W.N.Roan,1998).

Stressor yang mencetuskan perilaku kekerasan bagi setiap individu unik. Stressor tersebut dapat disebabkan dari dalam maupun dari luar. Stressor yang dari luar antara lain ; serangan fisik, kehilangan, kematian, dan lain-lain. Sedangkan stressor yang berasal dari dalam adalah putus hubungan dengan orang yang berarti, kehilangan rasa cinta, ketakutan terhadap penyakit fisik dan lain-lain.
Selain itu lingkungan yang terlalu ribut, padat, kritikan yang mengarah pada penghinaan, tindakan kekerasan dapat memicu perilaku kekerasan.

Perilaku asertif yaitu mengungkapkan rasa marah atau tidak setuju tanpa menyalahkan atau menyakiti orang lain, hal ini dapat menimbulkan kelegaan pada individu.

Kegagalan yang menimbulkan frustrasi dapat menimbulkan respons pasif dan melarikan diri atau respons melawan dan menantang.
Perilaku pasif merupakan perilaku individu yang tidak mampu untuk mengungkapkan perasaan marah yang sekarang dialami, dilakukan dengan tujuan menghindari suatu tuntutan nyata.

Agresif / perilaku kekerasan merupakan hasil dari kemarahan yang sangat tinggi atau ketakutan / panik. Agresif memperlihatkan permusuhan, keras dan mengamuk, mendekati orang lain dengan ancaman, memberi kata-kata ancaman tanpa niat melukai. Umumnya klien dapat mengontrol perilaku untuk tidak melukai orang lain.

Kekerasan sering disebut juga gaduh gelisah atau amuk. Perilaku kekerasan ditandai dengan menyentuh orang lain secara menakutkan, memberi kata-kata ancaman, melukai pada tingkat ringan sampai pada yang paling berat. Klien tidak mampu mengendalikan.

Download Asuhan Keperawatan Perilaku Kekerasan

ASKEP 1 Download
ASKEP 2 Download
ASKEP 3 Download
ASKEP 4 Download
ASKEP 5 Download
ASKEP 6 Download


Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.