Health Akbar Post
Kesehatan/Hemoroid adalah pelebaran varises satu segmen atau lebih vena-vena hemoroidalis (bacon). Patologi keadaan ini dapat bermacam-macam, yaitu trombosis, ruptur, radang, ulserasi, dan nekrosis (Mansjoer, dkk, 2000 : 321). Hemoroid adalah varises pada pleksus hemoroidalis tepatnya pada anterior kanan, posterior kanan dan lateral kiri (Long, 1996 : 264).

Hemoroid adalah pelebaran vena didalam pleksus hemoroidalis yang tidak merupakan keadaan patologik. Hanya apabila hemoroid ini menyebabkan keluhan atau penyulit diperlukan tindakan (Sjamsoehidajat, 1997 : 910). Dari ketiga pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa hemoroid yaitu pelebaran/varises yang terjadi pada pleksus hemoroidalis.

Berdasarkan fisiologisnya saluran pencernaan terdiri dari saluran sederhana dimana pada saluran ini bolus tidak mengalami saluran pencernaan (esophagus), tempat menyimpan bolus atau bahan fekal (lambung dan kolon), tempat digesti (lambung duodenum, jejenum dan ileum), tempat absorpsi/penyerapan hasil digesti (seluruh intestinal dan setengah proksimal kolon).

Usus halus
Usus halus merupakan saluran yang paling panjang tempat proses pencernaan dan absorbsi hasil pencernaan. Usus halus terdiri dari beberapa lapisan yaitu lapisan mucosa, lapisan otot melingkar, lapisan otot memanjang dan lapisan surserosa. Usus halus di bagi dalam 3 bagian yaitu : duodenum, jejunum dan illeum.

Usus Besar
Usus besar merupakan tabung muskuler berongga dengan panjang kurang lebih 1, 5 m lebar 6-5 cm yang terbentuk dari sekum sampai kanalis ani. Usus besar terdiri dari 4 lapisan selaput lendir, lapisan otot melingkar, lapisan otot memanjang dan jaringan ikat. Usus besar terbagi menjadi seikum, kolon, dan rektum. Fungsi usus besar diantaranya menyerap air dan makanan, sebagai tempat tinggal coli dan faeses.

Download Asuhan Keperawatan Pada Hemoroid

ASKEP 1 Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.