Health Akbar Post
Kesehatan/Krisis adalah gangguan internal yang diakibatkan oleh suatu keadaan yang dapat menimbulkan stress, dan dirasakan sebagai ancaman bagi individu. Krisis terjadi jika seseorang mengalami hambatan dalam mencapai tujuan hidup yang penting, dan tidak dapat diatasi dengan penggunaan metode pemecahan masalah(koping) yang biasa digunakan.

Krisis mempunyai keterbatasan waktu dan konflik berat yang ditunjukan menyebabkan peningkatan ansietas. Konsep krisis sering diasosiasikan dengan respon potensi yang adaptif, dan biasanya tidak berkaitan dengan sakit, di sisi lain konsep stress sring dihubunkan dengan konotasi negative atau resiko tinggi untuk sakit (Rapoport dalam Antai Otong,1995).

Intervensi krisis merupakan pendekatan yang relative baru dalam mencegah gangguan jiwa dengan focus pada penemuan kasus secara dini dan mencegah dampak lebih jauh dari stress (Caplain dan Ontong,1995), hal ini dilaksanakan dengan kerja sama lintas sektoral dan interdisiplin dalam mencegah dan meningkatkan kesehatan mental.

Menurut Psychoanalytical Theory, hal terpenting dalam krisis adalah pengalaman respons dan maladaptive usia dini anak sepanjang perjalanan hidupnya. Dampak dari anak tersebut akan berpengaruh pada masa dewasanya khususnya kematangan dalam pola koping yang digunakan. Konflik-konflik masa lalu anak yang tidak selesai atau belum terpecahkan akan mewarnai cara dia menghadapi krisis setelah dewasanya.

TIPE – TIPE KRISIS

Krisis.Maturasi
Perkembangan kepribadian merupakan suatu rentang yang setiap saat tahap mempunyai tugas dan masalah yang harus diselesaikan untuk menuju kematangan pribadi individu. Keberhasilan seseorang dalam menyelesaikan masalahnya tiap tahap dipengaruhi kemampuan individu mengatasi stress yang terjadi dalam kehidupannya.

Krisis maturasi terjadi dalam satu periode transisi masa perkembangan yang dapat mengganggu keseimbangan psikologis, seperti pada masa pubertas, masa perkawinan, menjadi orang tua, menopause, dan usia lanjut. Krisis maturasi memerlukan perubahan peran yang dipengaruhi oleh peran yang memadai, sumber – sumber interpersonal, dan tingkat penerimaan orang lain terhadap peran baru.

Krisis Situasi
Krisis situasi terjadi apabila keseimbangan psikologis terganggu akibat dari suatu kejadian yang spesifik, seperti : kehilangan pekerjaan, kehamilan yang tidak diinginkan atau kehamilan di luar nikah, penyakit akut, kehilangan orang yang dicintai,kegagalan,disekolah.

Krisis Malapetaka ( Krisis Sosial )
Krisis ini disebabkan oleh suatu kejadian yang tidak diharapkan serta menyebabkan kehilangan ganda dan sejumlah perubahan di lingkungan seperti : gunung meletus, kebakaran dan banjir. Krisis ini tidak dialami oleh setiap orang seperti halnya pada krisis maturasi.

Download Asuhan Keperawatan Intervensi Krisis

ASKEP 1 Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.