Health Akbar Post
Akbarpost/Usia lanjut dikatakan sebagai tahap akhir perkembangan pada daur kehidupan manusia (Budi Anna Keliat 1999). Sedangkan menurut pasal 1 ayat 2,3,4 UU No. 13 Tahun 1998 tentang kesehatan dikatakan bahwa usia lanjut adalah seseorang yang telah mencapai usia lebih dari 60 tahun.

Proses menua yang di alami lansia menyebabkan mereka mengalami berbagai macam perasaan seperti : sedih, cemas, kesepian, mudah tersinggung. Perasaan tersebut merupakan masalah kesehatan jiwa yang terjadi pada lansia.

Masalah gangguan kesehatan jiwa mulai dialami oleh golongan lansia pada saat mereka mulai merasakan adanya tanda-tanda terjadinya proses penuaan pada dirinya. Jika lansia mengalami masalah gangguan kesehatan jiwa, maka kondisi tersebut dapat menggangu kegiatan sehari-hari lansia.

Mencegah dan merawat lansia dengan masalah kesehatan jiwa adalah hal yang sangat penting dalam upaya mendorong lansia bahagia dan sejahtera di dalam keluarga dan masyarakat kondisi mental dengan sehat dan aktif pada masa tua dibuktikan pemeliharaan yang kontinu untuk mempertahankan daya pikirnya dan mencega dari perasaan cemas dan depresi.

Download Asuhan Keperawatan Gangguan Jiwa Pada Lansia

ASKEP 1 Download





Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.