Health Akbar Post
Kesehatan/ Istilah gagal jantung sangat beragam, bisa juga disebut sebagai kegagalan jantung, payah jantung, decompensatio cardis, heart failure, congestif heart failure (CHF), gagal jantung kongestif, ventrikular failure, pumping faluire dan lain sebagainya (Waspadji dkk, 1996, 975). Karena jantung mempunyai dua pompa yaitu pompa kiri dan pompa kanan maka payah jantung juga dapat terjadi pada jantung kiri atau jantung kanan atau kedua-duanya.

Gagal jantung adalah suatu kondisi dimana jantung tidak dapat memompakan darah yang adekuat untuk memenuhi kebutuhan tubuh. (Tohri dkk, 2000, 108).

Braunwald (dalam Waspadji dkk, 1992) mengemukakan secara spesifik tentang gagal jantung yaitu suatu keadaan patofisiologis adanya kelainan fungsi jantung yang berakibat jantung gagal memompakan darah untuk memenuhi kebutuhan metabolisme jaringan dan atau kemampuannya hanya ada kalau disertai peninggian tekanan pengisian ventrikel kiri.

Packer (dalam Waspadji dkk, 1996) mengemukakan definisi alternatif yaitu Decompensatio Cordis merupakan suatu sindrom klinis yang rumit, yang ditandai dengan adanya abnormalitas fungsi ventrikel kiri dan kelainan regulasi neurohormonal disertai dengan intoleransi kemampuan kerja fisis (effort intolerance), retensi cairan dan memendeknya umur hidup (reduced longevity).

Jadi jelas dari ketiga pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa Decompensatio Cordis dapat diartikan sebagai sindrom klinis yang rumit yang ditandai dengan abnormalitas fungsi jantung dan kelainan regulasi neurohormonal disertai dengan intoleransi kemampuan keja fisis (effort intolerance), retensi cairan yang menyebabkan jantung tidak dapat memompakan darah yang adekuat untuk memenuhi kebutuhan tubuh sehingga mengakibatkan memendeknya umur hidup (reduced longevity).

Download Asuhan Keperawatan Gagal Jantung

ASKEP 1 Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.