Health Akbar Post
Akbarpost/Gagal ginjal kronik merupakan perkembangan yang progresif dan lambat, biasanya berlangsung beberapa tahun, dimana ginjal kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan volume dan komposisi cairan tubuh dalam keadaan asupan diet normal. (Price dan Wilson, 1995).

Menurut Rumahorbo, Tohri, Agustiyowati, dan Budiwangsih (2000) gagal ginjal kronik adalah kondisi dimana ginjal tidak mampu mengeluarkan sisa metabolik dan kelebihan air dalam darah.

Sedangkan menurut Sidabutar, Suhardsono, dan Kapojos (1998) Gagal Ginjal Kronik adalah penurunan faal ginjal yang menahun, yang umumnya tidak reversibel dan cukup lanjut.

Dari ketiga pendapat tersebut penulis menyimpulkan bahwa Gagal Ginjal Kronik adalah suatu kondisi dimana fungsi ginjal mengalami penurunan bahkan kehilangan kemampuan untuk mengeluarkan sisa metabolik dan mempertahankan volume dan komposisi cairan tubuh yang sifatnya menahun.

Etiologi gagal ginjal kronik komplek dan bervariasi. Kerusakan pada penyakit gagal ginjal penyebabnya didasarkan atas dua kategori yaitu morfologi sistem ginjal itu sendiri dan penyebab (etiologi) penyakit.

Pada waktu terjadi kegagalan ginjal sebagian nefron (termasuk glomerulus dan tubulus) diduga utuh sedangkan yang lain rusak (hipotesa nefron utuh). Nefron-nefron yang utuh hipertrofi dan memproduksi volume filtrasi yang meningkat disertai reabsorpsi walaupun dalam keadaan penurunan GFR (Glomerulus Filtration Rate) atau daya saring. Metode adaftif ini memungkinkan ginjal untuk berfungsi tiga perempat dari nefron-nefron rusak.

Beban bahan yang harus dilarutkan menjadi lebih besar daripada yang bisa direabsorpsi, berakibat diuretik osmotik disertai poliuri dan haus. Selanjutnya karena jumlah nefron yang rusak bertambah banyak oliguri timbul disertai retensi produk sisa.

Titik dimana timbulnya gejala-gejala pada klien menjadi lebih jelas dan muncul gejala-gejala khas kegagalan ginjal bila kira-kira fungsi ginjal telah hilang 80 % sampai 90 % . Pada tingkat fungsi renal yang demikian nilai kreatinin clearence turun sampai 15 ml/menit atau lebih dari itu (Long, 1996).

Download Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal Kronik

ASKEP 1 Download




Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.