Health Akbar Post
Kesehatan/Halusinasi merupakan gangguan persepsi dimana klien mempersepsikan sesuatu yang sebenarnya tidak terjadi, suatu pencerapan pancaindra tanpa adanya rangsangan dari luar (W.F.Maramis, 2005). Halusinasi adalah persepsi sensorik yang keliru dan melibatkan panca indra (Ann Isaacs,2005). Halusinasi merupakan penginderaan tanpa sumber rangsang eksternal.

Klien merasakan halusinasi sebagai suatu yang amat nyata, paling tidak untuk suatu saat tertentu (Ilmu Kedokteran Jiwa Darurat, Harold, I Kaplan, dan B.J. Sadock, alih bahasa W.M Roan hlm 267, Jakarta 1998).

Gangguan persepsi sensori merupakan ketidakmampuan individu dalam menginterpretasi stimulus sesuai dengan informasi yang diterima melalui panca indra. Gangguan persepsi sensori ditandai oleh adanya halusinasi yaitu individu menginterpretasikan sesuatu yang tidak ada stimulus dari lingkungan. (Achir Yani S.Hamid, dkk, tahun 2000).

Faktor penyebab yang mungkin mengakibatkan perubahan persepsi sensori halusinasi adalah aspek biologis, psikologis dan sosial (Stuart and Sundeen, 1998):

a. Biologis
Gangguan perkembangan dan fungsi otak/susunan saraf pusat dapat menimbulkan gangguan halusinasi seperti hambatan perkembangan otak khususnya korteks frontal, temporal dan limbik. Gejala yang mungkin timbul adalah dalam belajar, berbicara, daya ingat dan mungkin muncul perilaku menarik diri atau kekerasan.

b. Psikologis
Keluarga, pengasuh, dan lingkungan sangat mempengaruhi respons psikologis dari klien. Sikap atau keadaan yang dapat mempengaruhi terjadinya halusinasi adalah penolakan atau kekerasan dalam kehidupan klien. Penolakan dapat dirasakan dari ibu, pengasuh atau teman yang bersikap dingin, cemas, tidak sensitif atau bahkan terlalu melindungi. Pola asuh pada usia kanak-kanak yang tidak adekuat misalnya tidak ada kasih sayang, diwarnai kekerasan, ada kekosongan emosi.

c. Sosial Budaya
Kehidupan sosial budaya dapat pula mempengaruhi terjadinya halusinasi dimana terdapat konflik sosial budaya (peperangan, kerusuhan, kerawanan) kemiskinan, kehidupan yang terisolasi disertai stress yang menumpuk.

Download Asuhan Keperawatan Dengan Halusinasi

ASKEP 1 Download
ASKEP 2 Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.