Health Akbar Post
Kesehatan/Anemia diakibatkan oleh karena rusaknya sumsum tulang. Gangguan berupa berkurangya sel darah merah tepi akibat terhentinya pembentukan sel hemopoetik dalam sumsum tulang. Aplasia dapat terjadi hanya pada satu, dua atau ketiga sistem hemopoetik (erotropoetik, granulopoetik, dan trombopoetik). Aplasia yang hanya mengenai sistem eritropoetik disebut eritroblastopenia ; yang mengenai sistem granulopoetik disebut agranulosi sistosis dan yang mengenai sistem trombopoetik disebut amegakaryositik. (Ngastiyah, 2002 : 363).

Kerusakan yang pertama dari anemia aplastik adalah lebih tampak pada adanya luka atau kerusakan pada sistem syaraf yang meliputi seluruh populasi sel yang lain. Penyebab anemia aplastik adalah antineoplastik atau larutan sitoksix, obat-obatan (antibiotik tertentu, antikompulsan, pengobatan tyroid, phenybutazone, gold compound), benzena dan infeksi virus.

Kadang-kadang pada anemia yang tidak diketahui penyebabnya, sifatnya tidak saja menurunkan produksi sel darah merah tetapi juga menurunkan atau menghentikan aktivitas elemen penghasil seluruh darah. Sehingga ada penurun pada sel darah putih (leukopeni ) dan pada platelet (trombositopeni).

Download Asuhan Keperawatan Anemia Plastik

ASKEP 1 Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.