Health Akbar Post
Kesehatan/Amputasi adalah tindakan pembedahan dengan membuang bagian tubuh ( Burner, 1988; 807 ). Indikasi utama bedah amputasi adalah  Iskemia, karena penyakit reskulanisasi perifer, biasanya pada orang tua, seperti klien dengan arteriosklerosis, Diabetes Mellitus. Trauma amputasi, bisa diakibatkan karena perang, kecelakaan endaraan bermotor, thermal injury seperti terbakar, tumor, infeksi, gangguan metabolisme seperti pagets disease dan kelainan kongenital.

Tindakan amputasi dilakukan sebagian kecil sampai dengan sebagian besar dari tubuh. Amputasi dilakukan dengan dua metode, yaitu :

Metode Terbuka ( Guillotine Amputasi ), metode ini digunakan pada klien dengan infeksi yang mengembang. Bentuknya benar-benar terbuka dan dipasang drainase agar luka bersih, dan luka dapat ditutup setelah tidak terinfeksi.

Metode Tertutup ( Flap Amputasi ),pada metode ini kulit tepi ditarik pada atas ujung tulang dan dijahit pada daerah yang diamputasi.

Tingkatan

Ekstremitas Atas, Amputasi pada daerah ekstremitas atas dapat mengenai tangan kanan atau kiri, hal ini berkaitan dengan aktifitas sehari-hari seperti makan, minum, mandi, berpakaian dan aktifitas yang lainnya yang melibatkan tangan.

Ekstremitas Bawah, Amputasi pada ekstremitas ini dapat mengenai semua atau sebagian dari jari-jari kaki yang menimbulkan seminimal mungkin ketidakmampuannya.

Download Asuhan Keperawatan Amputasi Muskulo

ASKEP 1 Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.