Health Akbar Post
Kesehatan/Menurut Departemen Kesehatan RI ( 1988 ) keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal disuatu tempat dibawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Menurut Bailon dan Maglaya ( 1989 ) keluarga adalah dua atau lebih individu yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan dan mereka hidup dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan dalam pasangannya masing-masing menciptakan serta mempertahankan kebudayaan. Sedangkan menurut Friedman ( 1998 ), keluarga adalah kumpulan dua orang atau lebih yang hidup bersama dalam keterikatan aturan dan emosional, dan individu mempunyai peran masing-masing yang merupakan bagian dari keluarga.

Dari ketiga definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa keluarga adalah :
• Unit terkecil masyarakat
• Terdiri atas dua orang atau lebih
• Adanya ikatan perkawinan dan pertalian darah
• Hidup dalam satu rumah tangga
• Dibawah asuhan seorang kepala rumah tangga
• Berinteraksi diantara sesama anggota keluarga
• Setiap anggota keluarga mempunyai peran masing-masing
• Menciptakan, mempertahankan suatu kebudayaan

Tipe Keluarga
Secara tradisional keluarga dikelompokan menjadi dua yaitu :
Nuclear Family ( keluarga inti ) adalah keluarga yang hanya terdiri dari ayah, ibu dan anak yang diperoleh dari keturunan atau adopsi atau keduanya.
Extended Family ( keluarga besar ) adalah keluarga inti ditambah anggota keluarga yang lain yang asih mempunyai hubungan darah.

Berdasarkan peran individu dan meningkatnya rasa individualisme, maka keluarga dikelompokan dalam beberapa tipe yaitu :
Dyadic Family ( keluarga bentukan kembali ) adalah keluarga baru yang terbentuk dari pasangan yang telah bercerai atau kehilangan pasangannya.
Single parent family ( orang tua tunggal ) adalah eluarga yang terdiri dari salah satu orang tua dengan anak-anak akibat perceraian.
The unmarried teenage mother ( ibu dengan anak tanpa perkawinan )
The single adult living alone ( orang dewasa baik pria ataupum wanita yang tinggal sendiri tanpa pernah menika ).
The nonmarital heterosexual cohabiting family, adalah keluarga dengan anak tanpa pernikahan sebelumnya.
Gay end lesbian family, adalah keluarga yang dibentuk oleh pasangan yang berjenis kelamin sama.

Struktur Keluarga
Menurut Parad dan Capla ( 1965 ), ada empat elemen struktur keluarga yaitu :
Struktur peran keluarga, menggambarkan peran masing-masing anggota keluarga dalam keluarga sendiri dan perannya dilingkungan masyarakat atau peran formal dan informal.
Nilai atau norma keluarga, menggambaran nilai atau norma yang dipelajari dan diyakini oleh keluarga, khususnya yang berhubungan dengan kesehatan.
Pola komunikasi keluarga, menggambarkan agaimana cara dan pola komunikasi orang tua dengan ana, anak dengan anak dan anggota keluarga lain.
Struktur kekuatan keluarga, mengganbarkan kemampuan anggota keluarga untuk mempengaruhi dan mengendalikan orang lainuntuk mengubah perilaku keluarga yang mendukung kesehatan.

Download Artikel Konsep Dasar Keluarga

ASKEP 1 Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.