Health Akbar Post
Kesehatan/Ambulasi adalah teknik atau suatu cara berupa gerakan tertentu yang berguna untuk mengembalikan fungsi normal organ tubuh seperti otot dan tendon secara berangsur-angsur atau sedikit-sedikit, tahap demi tahap setelah tindakan operasi.

Manfaat


Untuk mengaktisipasi terjadinya kekakuan otot yang menyebabkan kekakuan dalam pergerakan.

Untuk membantu melancarkan peredaran darah kedaerah yang luka sehingga membantu proses penyembuhan luka atau pertumbuhan jaringan baru dan mengurangi rasa nyeri.

Teknik Ambulasi Dini Pada Post Operasi

Miringkan badan kekiri atau kekanan ( setiap 2 jam sampai 4 jam sekali ) hindari posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama, belokan lutut, kebawah kanan lutut tekan sedikit pada ujung tempat tidur sedikit kuat.

Cobalah untuk ambulasi duduk di Tempat tempat tidur, lakukan setelah nyeri berkurang jangan memaksakan diri lakukan secara berhati-hati untuk mencegah luka debrah.

Setelah ambulasi duduk disisi tempat tidur ( kaki berayun ) agar terbiasa duduk tegap sebelum berjalan.

Jika tiada keluha pusing dan nadi normal, cobalah untuk berdiri disisi tempat tidur (ambulasi berdiri ) kemudian cobalah untuk berjalan selangkah demi selangkah (harus dibantu oleh keluarga ).

Pertama-tama cobalah berdiri disisi tempat tidur dengan didampingi keluarga kemudian berjalan agak jauh tampa didampingi keluarga tetapi harus dalam pengawasan keluarga atau petugas.

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.