Health Akbar Post

Kesehatan/Tidak ada gunanya bagi wanita hamil untuk berbaring terus menerus seperti orang sakit. Hal ini malahan merugikan karena istirahat yang lama melemahkan otot serta memberi waktu untuk berpikiran yang bukan-bukan. Memang kesibukan adalah obat yang terbaik untuk memelihara kesehatan jiwa. Tentunya istirahat yang cukup diperlukan pula untuk mengimbangi kesibukan yang dilakukan oleh ibu hamil.

PRINSIP-PRINSIP AKTIVITAS SELAMA KEHAMILAN
1. Aktivitas yang dilakukan oleh ibu hamil sangat bervariasi misalnya berjalan, berdiri, duduk. Asalkan tidak berat, pada prinsipnya semua aktivitas dapat dilaksanakan oleh ibu hamil.
2. Waktu dalam melakukan kegiatan tidak boleh terlalu lama dan diselingi dengan istirahat.
3. Posisi/cara berjalan adalah tegak/tidak membungkuk
4. Posisi pada saat berdiri yaitu dengan salah satu kaki ke depan sebagai penahan untuk menjaga keseimbangan & kenyamanan. Cara berjalan dengan kepala tegak, punggung lurus, dagu ke depan dan bagian pelvic terangkat.
5. Saat duduk, punggung tegak dan gunakan penyangga pada kaki.
6. Jika akan menaiki tangga, seluruh telapak kaki lurus menapak pada tangga dan otot-otot kaki digunakan untuk mengangkat. Hindari badan condong ke depan.
7. Jangan mengangkat beban yang terlalu berat atau lebih berat dari berat badan. Apabila harus mengangkat barang jangan mengangkat dengan membungkukkan badan. Posisi badan jongkok dengan punggung tetap tegak.
8. Gunakan dua tangan bila mengangkat barang-barang yang besar atau gunakan trolley.
9. Semua pekerjaan dengan posisi lebih rendah dari badan dilakukan dengan jongkok atau duduk, jangan membungkuk. Misalnya mencuci pakaian.
10. Hindarkan pergerakan yang sekonyong-konyong, misalnya memutar badan secara tiba-tiba, atau melompat.

ISTIRAHAT DAN RELAKSASI
Jika anda tidak mungkin atau sulit mencari kesempatan istirahat sepanjang hari secara rutin, manfaatkanlah setiap peluang yang ada untuk istirahat dan rileks. Jika memungkinkan, lakukan dengan berbaring, walaupun anda tidak tidur. Ingat, setiap kali anda duduk, angkatlah kaki anda setinggi mungkin. Jika anda merasa sangat lelah jangan teruskan pekerjaan anda, beristirahatlah.

TIDUR
Selama masa kehamilan, penting sekali tidur yang cukup. Jika anda tidak bisa tidur, terjaga kembali, atau gelisah ketika berada di tempat tidur, cobalah beberapa petunjuk praktis berikut ini :
• Minumlah susu atau minuman bersusu yang hangat.
• Mandilah dengan air hangat sebelum tidur. Ini akan merilekskan otot-otot anda.
• Sebaiknya jangan berbaring telentang. Tidurlah pada salah satu sisi tubuh anda dengan posisi yang terasa nyaman. Gunakan bantal tambahan, dan carilah posisi yang membuat anda merasa lebih nyaman.
• Bila anda sulit tidur segera, beranjaklah ke ranjang lebih awal. Anda dapat membaca atau melakukan olahraga relaksasi.
• Jika anda terbangun di malam hari, bangunlah dan kerjakan sesuatu yang sudah lama tidak anda lakukan atau dengarkanlah musik dengan headphone.


BELAJAR RELAKSASI
1. Atur posisi anda supaya menyenangkan.
2. Tarik nafas dalam dan tahan selama 5 detik dengan cara menghitung 1 sampai 5 dengan perlahan kemudian menghembuskan nafas.
3. Perintahkan semua otot-otot tubuh anda berelaksasi (mengendur)
4. Ulangi urutan diatas 2 atau 3 kali sampai anda betul-betul rileks.
5. Bayangkan pikiran yang paling menyenangkan yang dapat anda bayangkan.

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.